Blog

Ketupat Lebaran, Titik Awal Saya Belajar Bisnis

“Berapa ketupatnya bek?” Tanya seorang ibu dari teras rumahnya. Sekitar 400 meter dari rumah saya, mengawali cerita saya menjual sarang ketupat lebaran. Pagi itu, di penghujung ramadhan sekitar tahun 1993 masehi, saya mengenakan hoodie hijau, bercelana pendek. Saya paksa diri saya berjalan keluar rumah, menenteng 30 sarang ketupat lebaran yang dibuat ibu saya tadi malam. Kenapa judulnya di paksa? “600 tante, dapat 30 (sarang ketupat).” Jawab saya dari tepian jalan yang basah karena sejak malam diguyur hujan. Memang biasanya di penghujung ramadhan, hujan rutin turun….Continue Reading “Ketupat Lebaran, Titik Awal Saya Belajar Bisnis”

Sadar Finansial - Mundir

Bedah buku Sadar Finansial – Sejak tanggal 18 Maret 2019 kemarin hingga 23 April 2019, kami memulai proses penjualan buku sadar finansial. Dari ratusan reseller di berbagai tempat, meminta saya untuk menyediakan waktu untuk melakukan bedah buku secara singkat di grup-grup whatsapp yang mereka miliki. Dan berikut ini adalah materi yang akan saya sampaikan pada bedah buku tersebut. Untuk Siapa Buku Sadar Finansial Ini Dibuat? Pertanyaan yang paling sering saya temui saat bercerita tentang buku ini adalah untuk siapa buku ini dibuat? Seperti pernah saya…Continue Reading “Bedah Buku Sadar Finansial : Apa, Siapa dan Bagaimana”

Medan ke Mandailing Natal, Rute Keliling Sumatera I 2019

Membaca postingan teman di FB, perjalanan beliau dari Kota Panyambungan ke Kecamatan Natal via Danau Siais, rasanya menarik juga untuk di lalui. Baiklah, Rute keliling sumatera pertama kita di tahun 2019 adalah dari Medan ke Mandailing Natal, tepatnya kecamatan Natal di tepi pantai barat Sumatera. Berbekal cerita dari teman tadi, kami rencanakan untuk mengambil rute Medan ke Mandailing Natal via jalur utama : Medan ke Tebing Tinggi, lalu Tebing Tinggi ke Pematang Siantar, Dilanjutkan menujuk Kota Balige – Tarutung – Sibolga. Selepas istirahat pagi di…Continue Reading “Medan ke Mandailing Natal, Rute Keliling Sumatera I 2019”

buku sadar finansial

Buku Sadar Finansial – Awalnya buku ini saya desain untuk 8 bab, tapi ternyata ada satu pembahasan yang gak bisa dimasukkan ke bab lain, tapi untuk berdiri sendiri sebagai bab juga terlalu ringkas, hehe. Pada akhirnya saya tambahkan 1 bab terakhir menjadi 9 bab. Sebagai gambaran awal bab apa saja yang akan saya tulis, sudah pernah saya tampilkan dalam artikel ini. Materi-Materi yang akan dibahas dalam buku Sadar finansial adalah : Bab 1 Mahluk Itu Bernama Uang Di dalam bab ini saya menceritakan sejarah uang…Continue Reading “Buku Sadar Finansial : Ringkasan Dari Bab 1 – 9”

Laporan Laba Rugi Usaha dengan Contoh Perhitungan

Sebelumnya telah saya sampaikan dalam artikel ‘cara menghitung laba bersih usaha’ urutan sederhananya. Tapi beberapa respon kawan-kawan masih kebingungan. Saya jadi berpikir bagaimana caranya lagi untuk lebih menyederhanakan penyampaian cara membuat laporan laba rugi usaha ini. Dalam beberapa kesempatan, saya telah memberikan sebuah tips, bagaimana urutan dalam menyusun sebuah laporan keuangan usaha. Seperti kita tahu laporan keuangan usaha terdiri dari : laporan laba rugi, laporan arus kas dan neraca. Dalam beberapa literatur lain ada laporan perubahan modal. Tapi umumnya hanya 3 laporan keuangan Urutan dalam…Continue Reading “Laporan Laba Rugi Usaha dengan Contoh Perhitungan”