Bedah Buku Sadar Finansial : Apa, Siapa dan Bagaimana

Categories Buku, Keuangan
Sadar Finansial - Mundir

Bedah buku Sadar Finansial – Sejak tanggal 18 Maret 2019 kemarin hingga 23 April 2019, kami memulai proses penjualan buku sadar finansial. Dari ratusan reseller di berbagai tempat, meminta saya untuk menyediakan waktu untuk melakukan bedah buku secara singkat di grup-grup whatsapp yang mereka miliki. Dan berikut ini adalah materi yang akan saya sampaikan pada bedah buku tersebut.

Untuk Siapa Buku Sadar Finansial Ini Dibuat?

Pertanyaan yang paling sering saya temui saat bercerita tentang buku ini adalah untuk siapa buku ini dibuat? Seperti pernah saya sebutkan sebelumnya, buku ini awalnya didesain sebagai modul belajar di kelas online SUB (Sadar Uang Bisnis), kemudian dari banyaknya pertanyaan yang muncul di kelas, saya mengembangkan sedikit bahasan, tidak hanya modul belajar tapi juga bagaimana orang-orang yang ingin belajar keuangan juga dapat menerima manfaat buku ini.

Dari berbagai pertanyaan yang muncul, saya memiliki kesimpulan awal bahwa, sebagian besar kita masih belum ‘ngeh’ dengan keuangan. Pengetahuan kita soal uang masih sangat sederhana sekali, bagaimana kita bekerja mendapatkan uang dari gaji/ laba usaha, kemudian sebagian kita tabung.

Sebagian besar yang saya temui belum mengetahui tentang inflasi, ketika kita hanya menyimpan uang kita (ditabung) dalam waktu yang lama, maka “nilai” uang kita akan tergerus oleh yang namanya inflasi. Apa sebenarnya inflasi, mengapa terjadi dan bagaimana cara kita menghadapinya agar ‘nilai’ uang kita tidak tergerus olehnya?

Selain itu, kita juga masih buta dengan namanya investasi, sehingga perlu saya beri sedikit pembahasan tentang investasi yang sejatinya adalah penawar dari inflasi. Hanya saja ada beberapa rambu-rambu yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi.

Sadar Finansial - Tujuan berbisnis

Apa Goal yang Ingin Dicapai Setelah Membaca Buku ini?

Bahasan selanjutnya dari bedah buku sadar finansial ini adalah apa yang ingin dicapai dari pembaca setelah mereka selesai membaca buku ini? Dalam bayangan saya, setelah membaca buku ini, harapannya kawan-kawan memiliki pemahaman yang lebih banyak soal keuangan. Karena saya juga sadar bahwa sejak kecil kita mendapatkan pendidikan keuangan yang sangat sedikit dari orang tua maupun di sekolah.

Pendidikan yang sedikit ini membuat kita membuat keputusan yang salah dalam hal keuangan. Tidak sedikit dari kawan-kawan yang saya temui “terjebak” dalam masalah keuangan yang gak selesai-selesai. Seperti orang yang gali lubang, belum menutup lubang pertama sudah harus membuat lubang yang lain.

Saya percaya bahwa setiap keberhasilan ada polanya, pun begitu saat kita terjebak dalam lingkaran kegagalan, itu terjadi karena kita menjalani pola-pola kegagalan.

Goal buku ini adalah untuk memutus mata rantai kesalahan menjalankan pola keuangan tersebut.

Penjelasan Ringkas Tentang Struktur Buku ini

Ada 3 bagian utama dari buku ini yang akan menunjang goal yang ingin dicapai di atas. pertama bagian yang berkenaan dengan uang : sejarah uang, bagaimana uang bekerja, inflasi dan bagaimana mengakali inflasi yang terjadi. Apa saja “uang” yang tahan terhadap gempuran inflasi.

Kedua, bagian yang berkaitan dengan proses menyusunan laporan keuangan dan bagaimana kita membaca laporan keuangan, sehingga kita dapat memahami alur masuk dan keluar uang kita. Pada akhirnya kita akan dapat melihat “sisa” uang yang ada di rekening kita. Dari beberapa kasus di kelas, saya menemukan kawan-kawan bahkan belum paham bagaimana cara menghitung laba bersih usahanya. Dan kita belum bicara tentang bagaimana mengendalikan aliran cash hingga memaksimalkan aset yang dimiliki.

Bagian ketiga adalah tentang bagaimana menikmati uang sisa yang kita dapat. Tidak hanya untuk foya-foya, tapi juga ada sejumlah angka yang kita jadikan untuk dikembangbiakan. Apa saja strategi yang dapat dipakai untuk mengembangbiakkan uang kita? Jika kita ingin investasi, apa saja yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi?

Sadar Finansial - PO pertama

Penutup

Inilah bahasan utama dari buku sadar finansial yang akan disampaikan pada bedah buku sadar finansial. Semasa Pre Order pertama 18 maret – 23 april 2019 ini, Harga kami pasang 228.000 rupiah, hemat 100.000 dari harga dimasa normal nanti yaitu 328.000. Untuk pemesanan dapat langsung ke whatsapp admin di 085262689500 Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 3 =