Tentang Jasa Pasang (Aplikator/Tukang) Rangka Atap Baja Ringan

Categories Aplikator Baja Ringan

Jasa Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Di kota-kota besar, penggunaan kayu untuk bangunan sudah banyak digantikan oleh Rangka Atap Baja Ringan. Selain produksi kayu yang semakin berkurang, ke-praktisan penggunaan rangka atap baja ringan dalam aplikasi atap rumah saat ini telah menjadi pilihan yang paling efektif.

Seperti kita ketahui bersama bahwa produksi kayu Indonesia sudah jauh berkurang. Apalagi produk olahan kayu sekarang banyak yang lebih memiliki nilai ekonomi di bandingkan hanya sekedar dipotong untuk keperluan bangunan.

Sehingga untuk daerah yang memiliki akses yang jauh dari hutan harus mencari alternatif lain sebaga penganti kayu.

Beberapa aplikasi perkayuan dalam mendirikan bangunan telah digantikan oleh bahan lain seperti Alumunium dan UPVC untuk aplikasi kusen, jendela, pintu dan plafon.

Pun begitu dengan rangka yang digunakan untuk plafon, yang selama ini menggunakan kayu saat ini sudah menggunakan bahan lain seperti alumunium atau baja ringan.

Dan bagian atap adalah bagian yang paling banyak menggunakan bahan kayu sebelumnya, saat ini sudah di subtitusi dengan menggunakan rangka baja atau rangka atap baja ringan.

Kelebihan dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan di bandingkan Kayu

Aplikasi rangka Atap menggunakan Baja ringan ini semakin luas digunakan seiring dengan perkembangan jumlah penduduk yang membutuhkan hunian. Developer lebih memilih rangka atap dari bahan baja ringan disebabkan beberapa keunggulan bahan ini, antara lain:

  1. Rangka atap baja ringan dapat diproduksi secara massal dan dalam waktu yang lebih singkat jika dibandingkan dengan bahan kayu yang butuh waktu hingga puluhan tahun.
  2. Kestabilan bentuk, rangka atap baja ringan memiliki kestabilan yang lebih baik dari kayu. Kayu sering melengkung jika terpapar panas dalam waktu yang lama. Apalagi jika kayu yang digunakan tergolong kayu muda.
  3. Baja ringan memiliki bentang panjang yang lebih panjang daripada kayu. Ukuran standar kayu hanya maksimal 16 kaki (4,8 meter) sedangkan baja ringan dapat mencapai 20 kaki atau sekitar 6 meter.
  4. Dengan ukuran (volume) yang sama, baja ringan memiliki bobot yang jauh lebih ringan, hanya 30% dari bobot kayu. sehingga memudahkan dalam proses pendistribusian (pengangkutan ke site).
  5. Dengan bobot yang lebih ringan, rangka atap baja ringan lebih aman saat terjadi gempa.
  6. Tahan rayap, panas dan perubahan cuaca.
  7. Menganut prinsip eco green, Baja ringan dapat didaur ulang secara cepat, sedangkan untuk kayu membutuhkan waktu yang sangat lama.
  8. Garansi hinga 30 tahun
  9. Aplikasi mudah, cepat, dan presisi

Namun walau memiliki banyak keunggulan, rangka atap baja ringan juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu : Baja ringan lemah pada insulasi panas dan transmisi suara. Saat pemasangan perlu diperhatikan dengan seksama, karena bagian yang tergores akan sangat mudah berkarat dan akhirnya rusak.

Aplikasi  Baja Ringan Selain untuk Pembuatan Rangka Atap

Sesuai namanya, maka aplikasi paling utama dari baja ringan ini adalah untuk pembuatan rangka atap, kalau dulu saya mengenal istilah “kap atap”.

Dalam perkembangan selanjutnya aplikasi baja ringan tidak hanya digunakan untuk membuat rangka atap bangunan. Namun hampir semua aplikasi yang awalnya menggunakan kayu dapat digantikan dengan baja ringan.

Contoh aplikasi baja ringan juga dapat digunakan untuk  beberapa aplikasi lain sebagai berikut:

  1. Kanopi/ Garasi
  2. Rak/ Lemari
  3. Plafon gypsum
  4. Dinding/ Sekat/ Partisi Ruangan
  5. Pagar
  6. Dak/ Plat Metal

Harga/ Jasa Pasang Rangka Atap Baja Ringan

Untuk perhitungan harga rangka atap baja ringan umumnya dihitung per meter persegi. Harga per meter persegi ini sudah termasuk harga bahan (baja ringan dan atap/ genteng) dan upah/ jasa pasang.

Harga per meter persegi juga bervariasi tergantung lokasi pekerjaan. Untuk pekerjaan pemasangan rangka atap baja ringan di dalam kota Medan, jelas berbeda dengan pemasangan di daerah luar kota medan seperti Aceh misalnya.

Mengapa terdapat perbedaan harga untuk pemasangan di daerah Sumatera Utara dan Aceh? Pertama kami harus menambahkan biaya pengiriman bahan baja ringan dan atap dari gudang Medan ke lokasi pekerjaan. Kedua, upah tenaga kerja akan bertambah.

Untuk mengetahui harga aplikasi rangka atap baja ringan dapat menghubungi nomor 0811 6060 311 atau kirim pesan whatsapp langsung dari sini 

Sebenarnya mudah saja jika kita ingin menaksir harga jasa pasang baja ringan, kita hanya cukup menghitung luas atap secara keseluruhan. Hal yang perlu kita perhatikan adalah bentuk dari atapnya apakah bentuk pelana atau limasan, kedua bentuk ini memiliki perbedaan perhitungan kebutuhan bahan baja ringan disebabkan kuda – kuda rangka atap yang berbeda.

Rumus dasar yang kita gunakan untuk menghitung luas atap adalah Luas bangunan yang tertutup atap dibagi dengan cosinus kemiringan atap.

Contoh kita memiliki bangunan 6 meter x 8 meter, dengan kemiringan atap 35 derajat, maka ;

pertama tambahkan 1 meter lebih atap dari luas bangunan (tambahkan 1 meter ke depan, ke belakang dan 1 meter ke kanan dan ke kiri), sehingga luas atap yang akan kita hitung adalah 8 x 10 meter.

Luas atap baja ringan (8 x 10) : cos 35 = 80/ 0,82 = 98 meter persegi

Jika harga per meter atap baja ringan di Kota Medan (bangunan rumah pribadi) Rp 140.000 – Rp. 160.000 maka perkiraan kebutuhan dana untuk atap rumah dengan ukuran bangunan 6 meter x 8 meter adalah sekitar Rp. 13.720.000 – Rp. 15.680.000.

Seperti disebutkan sebelumnya, untuk detail harga dapat ditanyakan langsung ke nomor 0811 6060 311, karena ada beberapa variabel yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan harga.

 

Tips Memilih Aplikator Rangka Atap Baja Ringan

Dalam memilih aplikator Baja Ringan, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan.

Pertama, pengalaman. Tidak bisa dipungkiri bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik. Dengan pengalaman kerja yang panjang, seorang aplikator akan memiliki perhitungan yang lebih presisi, sehingga penggunaan bahan dalam proses aplikasi baja ringan menjadi lebih tepat (lebih sedikit bahan terbuang).

Selain itu, dikarenakan pekerjaan baja ringan ini berbeda dengan kayu, maka perlu dihitung secara cermat oleh ahli struktur. Mulai dari memperhitungkan struktur, denah dan rencana pembebanan atap, sehingga mengurangi resiko atap yang roboh.

Dan perhitungan ini menggunakan sistem komputerisasi dengan menggunakan software khusus.

kedua, Garansi. Seperti telah disebutkan di atas bahwa penggunaan baja ringan ini memiliki garansi yang tidak main-main, 30 tahun.

Ketiga, Lokasi. Seperti juga sudah disebutkan di atas, lokasi menjadi salah satu penentu harga jasa pasang baja ringan. Saat ini kami mengerjakan khusus untuk daerah sumatera bagian utara, terutama Sumatera Utara dan Aceh. Lokasi pabrik dan gudang kami berada di Kota Medan.

Keempat, Harga. Mau tidak mau, faktor harga memang masih menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memutuskan. Kamipun tidak menutup mata akan hal itu. Namun dengan pengalaman selama 15 tahun, lokasi pabrik yang dekat,  serta klien yang tersebar di seluruh wilayah sumatera utara dan sebagian Aceh, kami yakin dapat memberikan harga yang paling masuk akal untuk anda.

Inilah beberapa penjelasan yang perlu diperhatikan jika kita ingin mengganti kayu menjadi baja ringan, terkait kelebihan dan kekurangannnya, harga dan tips dalam memilih aplikator baja ringan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Semoga artikel singkat Jasa Pasang – Aplikator Rangka Atap Baja Ringan ini dapat memberi informasi yang anda butuhkan.

 

BK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =