Contoh Aplikasi Baja Ringan Sebagai Penggati Kayu

Categories Aplikator Baja Ringan

Contoh aplikasi Rangka Atap Baja Ringan

Saat mengetikkan “contoh aplikasi baja ringan” konten yang muncul di serp google adalah seputar aplikasi komputer/ android untuk menghitung volume pekerjaan pemasangan rangka atap baja ringan. Hasil perhitungan ini digunakan untuk menghitung biaya/ harga jasa pemasangan rangka atap baja ringan.

Tapi kita tidak akan membicarakan aplikasi komputer/ android, kita akan bicara apa saja produk yang dapat kita buat dengan menggunakan baja ringan, yang produk ini awalnya dibuat dengan menggunakan kayu.

Dengan semakin sulitnya mendapatkan kayu secara bebas, mau tidak mau kita perlu memikirkan bahan apa yang dapat menggantikan posisi kayu sebagai bahan bangunan.

Pada postingan sebelumnya sudah pernah saya singgung bahwa penggunaan kayu dalam bangunan umumnya adalah untuk bahan rangka atap, kusen, daun pintu dan jendela. Selain itu, kayu digunakan sebagai furnitur rumah tangga seperti lemari, meja, kursi dan lain lain.

Konstruksi Rangka Atap dari Baja Ringan

Khusus untuk konstruksi rangka atap, dikembangkan bahan dari bahan baja. seperti kita ketahui, baja banyak digunakan sebagai bahan konstruksi tiang dan rangka atap pada bangunan besar dan tinggi. Sedangkan untuk pembangunan rumah tinggal, penggunaan baja tidak feasible secara ekonomi.

Baja adalah logam paduan, logam besi yang berfungsi sebagai unsur dasar dicampur dengan beberapa elemen lainnya, termasuk unsur karbon. Besi dapat terbentuk menjadi dua bentuk kristal yaitu Body Center Cubic (BCC) dan Face Center Cubic (FCC), tergantung dari tempraturnya ketika ditempa.

Dalam susunan bentuk BCC, ada atom besi ditengah-tengah kubus atom, dan susunan FCC memiliki atom besi disetiap sisi pada enam sisi kubus atom.

Interaksi alotropi yang terjadi antara logam besi dengan elemen pemadu, seperti karbon, yang membuat baja dan besi tuang memiliki ciri khas yang ada pada diri mereka. Kandungan unsur karbon dalam baja berkisar antara 0.2% hingga 2.1% dari berat keseluruhan baja tersebut sesuai grade-nya. (sumber : Wikipedia)

Baja ringan adalah baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, akan tetapi kekuatannya tidak kalah dari baja konvensional.  Ada bebarapa macam baja ringan yang dikelompokan berdasarkan nilai tegangan tariknya (tensile strength). Kemampuan tegangan tarik ini umumnya didasarkan pada fungsi akhir dari baja ringan tersebut.

Sebagai contoh untuk produk strukur seperti rangka atap baja ringan digunakan baja ringan dengan tegangan tarik tinggi (G550). Namun untuk berbagai produk home appliances diperlukan baja ringan dengan tegangan tarik yang lebih rendah (G300, G250) yang lebih lentur dan lunak sehingga lebih mudah dibentuk sesuai keinginan.

Pada umumnya ketebalannya berkisar antara 0,20 – 2,00 mm. Variasi ketebalan ini ditentukan oleh fungsi, sebarapa besar beban yang ditopang dan ukuran bentang baja itu sendiri. Ketebalan yang lebih kecil dibanding dengan baja konvensional dengan tujuan untuk mengurangi beban strukutur bangunan.

Kuda-kuda baja ringan mempunyai ketebalan antara 0,45 – 1,00 mm. Berbeda dengan kolom yang akan menopang beban yang lebih besar, ketebalannya kisaran antara 1,00 -2,00 mm (profil C). Sedangkan untuk genteng metal ketebalannya 0,20 mm karena bisa dikatakan tidak memikul beban dengan ketebalan tersebut sudah cukup memadai.

Apa Saja Contoh Aplikasi Baja Ringan Selain Rangka Atap?

Dalam kehidupan sehari hari, penggunaan baja ringan tidak hanya digunakan untuk bahan konstruksi rangka atap, tapi juga digunakan untuk beberapa aplikasi lain. Contoh aplikasi baja ringan yang dapat kita temui antara lain:

Kanopi Atau Garasi

Kanopi Baja Ringan - Aplikasi Baja Ringan

 

Pagar

Pagar Rumah dari Baja Ringan

 

Rak Sepatu dari Baja Ringan

Rak Sepatu Baja Ringan

 

Selain tiga contoh aplikasi baja ringan di atas, ada lagi contoh lain yang dapat dibuat dari baja ringan, seperti :  Bingkai Baliho untuk kampanye pilkada atau pemilihan umum dan juga pembuatan gapura jalan/ gang.

Masih banyak lagi contoh aplikasi baja ringan yang dapat dibuat dari baja ringan. Prinsip, apa yang dapat di buat dari kayu, sejatinya dapat dibuat juga dengan menggunakan baja ringan. Dengan biaya yang relatif sama dan bobot yang lebih ringan baja ringan dapat menjadi pilihan saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 12 =