Cara Menghitung Laba Bersih Usaha dengan Sederhana

Categories Keuangan

 

Cara Menghitung Laba Bersih Usaha

Sering kali saya menemukan pengusaha pemula yang kebingungan! Saat saya tanya berapa laba usaha mereka? Ternyata memang mereka gak tau cara menghitung laba bersih usaha nya sendiri.

Kebanyakan mereka hanya melihat, berapa harga jual di kurangi dengan harga beli produknya. Mereka kadang lupa bahwa ada biaya lain seperti ongkos kirim, biaya pemasaran, listrik air, hingga pulsa hapenya.

Sebelum bicara lebih jauh, saat bicara laba rugi maka ada 2 hal yang perlu kita perhatikan, pertama pendapatan kedua beban/ biaya pada satu periode waktu tertentu. Bisa perbulan atau akumulasi setahun.

Baca : Belajar Keuangan Bisnis, Perhatikan ini!

Nah, untuk menghitungnya, maka kawan kawan perhatikan saja 2 hal di atas, pendapatan usaha (dari penjualan) dan Beban (biaya – biaya). Biaya ini sendiri terdiri dari beberapa jenis, biaya produksi (jika kita produksi) biaya kulakan (modal beli produk, jika hanya jual kembali tidak produksi), biaya pemasaran, biaya listrik/ air dll.

Di artikel sebelumnya tentang memperbaiki keuangan usaha darimana, saya ada sebutkan pertama kita perlu mencatat semua uang masuk dan uang keluar. Lalu melakukan pengelompokan, kelompok pendapatan dan kelompok pengeluaran.

Langkah – Langkah/ Cara Menghitung Laba Bersih Usaha

Begini alur yang akan kita lalui saat menghitung laba bersih usaha kita :

  1. Menjumlahkan Total Pendapatan/ Penjualan dalam 1 bulan …………………………………………………….. ( 1 )
  2. Menghitung total modal untuk produksi/ pengadaan stok yang terjual dalam 1 bulan*) ………………. ( 2 )
  3. Mengurangkan ( 1 ) dan ( 2 ), hasil pengurangan ini disebut dengan LABA KOTOR …………………….. ( 3 )
  4. Menghitung total biaya operasional (biaya listrik, pulsa, biaya pemasaran, sewa kantor/ toko, gaji admin dan lain lain) ……………………………………………………………………………………………………………………………….. ( 4 )
  5. Mengurangkan Laba Kotor ( 3 ) dengan  Biaya Operasional ( 4 ), hasil pengurangan ini di sebut sebagai laba operasi ………………………………………………………………………………………………………………………………….. ( 5 )
  6. Menghitung total penyusutan aset tetap dan pajak usaha ( jika ada) …………………………………………… ( 6 )
  7. Mengurangkan poin  ( 5 ) dengan poin  ( 6 ), hasil ini disebut sebagai laba bersih usaha  ……………… ( 7 )

*) stok terjual 1 bulan ini maksudnya, jika kita di awal bulan membeli produk sebanyak 150 pcs dan terjual hanya 100pcs, maka yang dihitung sebagai modal kulakan/ stok adalah 100 pcs saja, 50 pcs dihitung pada laba rugi bulan berikutnya. 

Dari langkah – langkah di atas, terlihat bahwa untuk mengetahui Laba Bersih usaha kita, dibutuhkan beberapa pengurangan. Seringnya, kawan kawan yang punya usaha mengambil jalan pintas, Harga jual dikurangi Modal pembelian barang asal ada “ujung” mereka sudah merasa aman. Padahal ada beberapa tagihan lain yang perlu dipikirkan dan diperkirakan.

Kondisi ini sering dikeluhkan merasa menjual banyak tapi tidak pernah melihat uang di akhir bulan.

Laporan Laba Bersih Usaha

Jika digambarkan, maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini, proses perhitungan laba bersih usaha:

Perhitungan Laba Rugi Sederhana

 

Saya rasa ini dulu obrolan kita tentang cara menghitung laba bersih usaha, saya usahakan penjelasannya sesederhana mungkin dengan harapan kawan kawan paham dan dapat mempraktekkannya. Sampai ketemu di artikel keuangan lainnya.

BK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 11 =